Wikipedia

Hasil penelusuran

Senin, 19 Desember 2011

Perguruan Tinggi

Pengertian 
 
Sebuah perguruan tinggi (Latin: collegium) adalah lembaga pendidikan atau bagian konstituen dari sebuah institusi pendidikan. Penggunaan bervariasi dalam-negara berbahasa Inggris. Sebuah perguruan tinggi sebagai lembaga-pemberian gelar pendidikan berdasarkan keilmuan dan penalaran,
Tugas Perguruan Tinggi yaitumembentuk manusisa susila dan demokrat yang:
  • Memiliki keinsafan tanggung jawab atas kesejahteraan masyarakat 
  • Cakap dan mandiri dalam memelihara dan memajukan ilmu pengetahuan 
  • Cakap memangku jabatan atau pekerjaan di masyarakat
bahwa tugas perguruan tinggi adalah membentuk insan akademis, yang selanjutnya hal tersebut akan menjadi sebuah fungsi bagi mahasiswa itu sendiri. Insan akademis itu sendiri memiliki dua ciri yaitu :
  • memiliki sense of crisis, dan 
  • selalu mengembangkan dirinya.
Insan akademis harus memiliki sense of crisis yaitu
peka dan kritis terhadap masalah-masalah yang terjadi di sekitarnya saat ini. Hal ini akan tumbuh dengan sendirinya bila mahasiswa itu mengikuti watak ilmu, yaitu selalu mencari pembenaran-pembenaran ilmiah. Dengan mengikuti watak ilmu tersebut maka mahasiswa diharapkan dapat memahami berbagai masalah yang terjadi dan terlebih lagi menemukan solusi-solusi yang tepat untuk menyelesaikannya.

Insan akademis harus selalu mengembangkan dirinya 
sehingga mereka bisa menjadi generasi yang tanggap dan mampu menghadapi tantangan masa depan.

Dalam hal insan akademis sebagai orang yang selalu mengikuti watak ilmu, ini juga berhubungan dengan peran mahasiswa sebagai penjaga nilai, dimana mahasiswa harus mencari nilai-nilai kebenaran itu sendiri, kemudian meneruskannya kepada masyarakat, dan yang terpenting adalah menjaga nilai kebenaran tersebut.

1 komentar:

  1. Wah....Keren! jadi Tau Banyak Tentang Dua Ciri Utama Insan Akademis! Posting yang sangat membantu.

    BalasHapus

Topik lainnya

Bahan Ajar Geologi Teknik Part XI

 Program Study Geologi Teknik  Universitas Sains dan Teknologi Jayapura dosen : Isak HA Rumbarar Pada pertemuan ini, kita akan membahas topi...

Postingan Populer